iklan

SUBHANALLAH !!!! INILAH ALASAN KENAPA KITA DI ANJURKAN BERZIKIR DENGAN RUAS JARI TANGAN...TOLONG DI BAGIKAN KEPADA TEMAN-TEMAN.

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Dzikir adalah salah satu ibadah utama dalam ajaran Islam. Umumnya, umat muslim berdzikir dengan memakai ruas jari tangan.




Hal ini sesuai dengan saran Rasulullah SAW. Dijelaskan dalam hadits Abu Dawud serta At-Tirmidzi, Rasulullah SAW pernah memberitahukan pada seseorang teman dekat yang turut hijrah ke Madinah supaya menghitung dzikir dengan memakai ruas jari tangan.

Lalu apa alasan dibalik anjuran Rasul ini? 

Anna an-nabiyya amara hunna an-yura’iina bi at-takbiiri wa at-taqdiisi wa at-tahliili, wa an-ya’qidna bil anaamili, fa innahunna mas-uulaatun mustanthiqaatun.

 " Nabi memerintahkan kaum wanita supaya senantiasa membiasakan amalan dengan membaca takbir, taqdis, serta tahlil. Semuanya supaya dihitung dengan ruas jari-jari tangannya. Lantaran di hari kiamat nantinya, ruas-ruas jari tangan itu akan disuruhi info serta dituntut untuk berbicara. "

Hadits itu diperkuat juga oleh kisah yang lain dari At-Tarmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i dengan cara sahih dari Abdullah bin Umar.

Abdullah bin Umar berkata, " saya sudah lihat Rasulullah SAW menghitung-hitung bacaan tasbihnya. (Rasulullah menghitung bacaan dzikir) dengan jari tangan kanannya ".

Jadi, dzikir memakai ruas jari tangan disarankan karena nantinya jari-jemari tersebut yang akan bersaksi dihadapan Allah SWT waktu hari kiamat 

sumber : kabar 9
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90